Sabtu, 21 Mei 2022

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mencuci Mobil?

Merawat dan melindungi mobil dapat dilakukan dengan banyak cara, misalnya dengan rutin membawa mobil ke bengkel atau memberikan perlindungan dengan membeli asuransi kendaraan MSIG online yang praktis karena proses pengajuannya yang mudah serta terpercaya. Dengan memiliki asuransi kendaraan, Anda akan merasa lebih tenang selama perjalanan menggunakan mobil, mengingat Anda sudah terlindungi. Selain itu, tentu saja perawatan yang rutin dan disertai dengan perlindungan terbaik akan sangat dibutuhkan demi mendapatkan kondisi mobil yang tetap prima. 


Meski terdengar sepele, salah satu jenis perawatan yang wajib dilakukan adalah mencuci mobil. Tidak hanya saat kotor saja, minimal seminggu sekali pemilik kendaraan wajib membersihkan bodi mobil agar tetap mengkilat dan cat asli kendaraan tetap terlindungi. Namun terlepas dari jadwal rutin, mobil harus segera dicuci jika mengalami beberapa kondisi berikut untuk menghindari lecet dan noda yang sulit dihilangkan jika terlalu lama dibiarkan. Kapan saja waktu yang tepat untuk mencuci mobil? Yuk disimak ulasannya.

  • Saat terkena air hujan

Siapa sangka jika tetesan air hujan yang mengenai bodi mobil jika dibiarkan akan membuat bodi mobil terkesan kusam, tidak mengkilat dan noda akan sangat sulit untuk dihilangkan. Hal ini dikarenakan air tetesan yang dibiarkan mengering sendiri di bodi mobil lama kelamaan akan menciptakan flek noda. Flek noda sisa tetesan air atau yang bisa juga disebut dengan water spot ini juga berpotensi menimbulkan jamur yang bisa menempel pada bodi mobil dan juga kaca, lho. Tentu untuk menanganinya, pemiliki mobil harus segera mencuci bersih mobil yang terkena hujan dan mengelapnya sampai benar-benar kering. Langkah ini juga berlaku bagi mobil yang terkena banjir, maupun genangan.

  • Setelah berpergian jauh

Saat Anda berpergian jauh, misalnya sampai keluar kota, mobil akan cenderung berdebu dan belum lagi jika terkena lumpur serta genangan. Jika dibiarkan kering dengan sendirinya, lama kelamaan debu dan lumpur yang menempel pada bodi modil akan mengeras sehingga berpotensi menimbulkan baret pada mobil. Untuk itu, pastikan Anda segera mencuci bersih mobil Anda setelah berpergian jauh, dan jangan lupa lapisi bodi mobil dengan pelindung cat seperti wax atau sealant agar mobil tetap mengkilat. Terapkan langkah ini tidak hanya pada bodi mobil namun juga pada lapisan kaca dan ban, tujuannya agar debu tidak mudah menempel.

  • Bodi mobil terkena getah

Kondisi lain yang membuat mobil kotor dan harus segera dibersihkan adalah jika bodi mobil Anda terkena getah ataupun noda lain yang sulit dibersihkan hanya dengan lap pembersih. Pasalnya getah pohon atau noda lain, jika dibiarkan akan merusak lapisan vernis cat mobil Anda. Umumnya untuk membersihkan getah yang menempel pada bodi mobil membutuhkan cairan khusus pembersih atau bisa juga menggunakan air hangat. Namun jika Anda merasa ragu, silakan kunjungi salon mobil langganan agar mobil dapat ditangani pekerja yang lebih profesional.

Itu dia beberapa waktu yang diharuskan untuk segera mencuci mobil kendaraan kesayangan Anda agar noda dapat segera dihilangkan. Agar hasilnya maksimal, gunakanlah sabun khusus mobil, lap fiber yang lembut dan juga tekanan air yang ideal selama mencuci, agar mobil bersih dan terjaga kilapnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top